Jun
11
2019
Tak Berkategori

Pendampingan usaha kerupuk Tulang Ikan Tuna Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga

Perikanan Tuna merupakan salah satu komoditas unggulan di Morotai. Namun demikian penanganan Tuna sebagai penghasil utama di Kecamatan Morotai Timur, masih terkendala dengan penanganan pasca tangkap yang membutuhkan es yang cukup. Selain persoalan kurangnya pasokan es, limbah dari proses loin juga perlu diperhatikan. Salah satunya dengan mengolah limbah sisa loin menjadi kerupuk dan keripik ikan. Sebagaimana diketahui RIWANI Globe ditunjuk oleh PT ASTRA INTERNATIONAL, Tbk dalam Program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kawasan perdesaan di Indonesia berfokus pada pengembangan kewirausahaan melalui pengembangan ekonomi kawasan pedesaan yang memiliki produk-produk unggulan.
Untuk implementasi di wilayah Morotai Timur, Astra telah memberikan dua kali pelatihan manajemen bisnis dan juga pelatihan pengembangan produk seperti kerupuk ikan tuna dan abon dari ikan tuna kepada BUMDES di Morotai khuusnya ibu-ibu rumah tangga. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut RIWANI Globe memfasilitasi kelompok usaha ibu rumah tangga dengan memberikan pendampingan usaha. Hal ini sangat penting karena mereka baru merintis usaha sehingga masih perlu banyak informasi tentang cara menjalankan usaha, seperti menghitung biaya produksi, pemasaran, dan pencatatan usaha.
Usaha kerupuk dan keripik ikan ini mereka pasarkan ke warung-warung sekitar desa dan juga dititipkan dirumah makan. Respon dari konsumen sangat positif kerana disana belum ada yang memproduksi limbah ikan tuna menjadi kerupuk dan keripik. Rencana mereka kedepan setelah mereka memiliki kemasan yang bagus untuk produknya akan dipasarkan ke toko oleh-oleh Morotai, bandara, dan juga ke kota Ternate atau Tobelo.

About the Author:

Leave a comment