Mei
23
2019
Tak Berkategori

Pemanfaatan Limbah Ikan Tuna Menjadi Produk Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga di Morotai

Pelatihan Pengolahan Produk Ikan Tuna ini merupakan rangkaian tindak lanjut program Kampung Berseri Astra setelah dilakukan coaching managemen. Pada saat coaching para peserta dari kelima BUMDES tertarik dan berminat untuk memperoleh pelatihan membuat produk olahan ikan tuna. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 17  Oktober 2018, bertempat di gedung serbaguna jam 09.00-16.00 WIT. Pelatihan produk yang dilatih merupakan olahan kerupuk dan keripik dari kepala dan tulang ikan itu karena adanya limbah tuna dari SKPT yang biasanya hanya diberikan kepada masyarakat sekitarnya ataupun dibuang ke laut, ini bisa dimanfaatkan oleh Bumdes. Bumdes mendapatkan pelatihan pengelolaan limbah tuna menjadi produk yang bisa menjadi nilai tambah untuk pendapatan baru bagi Bumdes demi kemakmuran masyarakat Kec. Morotai Timur yaitu produk keripik dengan pemanfaatan kulit ikan tuna dan pemanfaatan tulang dan kepala ikan tuna untuk kerupuk.

Materi yang disampaikan diantaranya tentang CPMB Cara Pengolahan Makanan Yang Baik dan Bahan Tambahan Pangan Yang Food Grade. Selain itu pada sesi praktek peserta diajak untuk praktek mengolah daging ikan menjadi abon tuna dengan goreng sangrai, mengolah kripik kulit tuna, mengolah kerupuk kepala dan tulang ikan.

Dengan adanya pelatihan produk tersebut, sekarang ibu-ibu rumah tangga di desa memiliki aktifitas usaha yang menghasilkan pemasukan tambahan disamping para bapak-bapak yang melaut. Kerupuk dan keripik ikan tuna dijual di warung terdekat dan respon dari masyarakat sangat positif.

About the Author:

Leave a comment