Sep
29
2017
Tak Berkategori

Kerja Sama Ditempat Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Seringkali orang menyatakan bahwa kerjasama itu penting, namun bagaimanakah cara mempraktekkan kerjasama itu? apakah ditempatkerja juga perlu adanya kerjasama?

Jawabanya tentu YA. Kerjasama sangat penting diterapkan ditempat kerja atau perusahaan. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Pada bulan Agustus lalu RIWANI Globe mengadakan suatu workshop bagi perusahaan di wilayah Semarang dan Sekitarnya. Workshop tersebut mengulas secara rinci mengenai pentingnya kerjasama ditempat kerja yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan. Dengan diikuti oleh enam perusahaan yang mengutus lima orang pada masing-masing perusahaan yang terdiri dari Owner, tim manajemen, dan tim produksi. Mengapa mereka ? Karena pada program ini melibatkan partisipasi para karyawan dalam upaya peningkatan produktivitas perusahaan serta mengubah karyawan menjadi keunggulan kompetitif perusahaan. Jadi, untuk memajukan perusahaan adalah bukan hanya tugas dan tanggung jawab seorang direktur saja akan tetapi semuanya harus terlibat.

Kerjasama ditempat kerja adalah pondasi bagi perusahaan, misalnya dalam komunikasi. Apakah selama ini persepsi antara tim manajemen dan tim produksi sudah sama? seringkali tim manajemen menilai kinerja tim produksi kurang optimal (dalam penggunaan bahan baku, tingginya tingkat reject, keterlambatan produksi, dll) ,dilain sisi tidak jarang tim produksi juga mengeluhkan beberapa hal tentang tim manajemen (misalnya: informasi yang berubah-ubah, kurangnya stok bahan baku, minimnya alat, dll), sehingga menyebabkan kondisi ditempat kerja kurang kondusif. Hal inilah yang coba diperbaiki dalam workshop tersebut. Mereka duduk bersama untuk membahas masalah-masalah yang terjadi di perusahaan dan menemukan solusinya bersama pula. Mereka yang selama ini komunikasinya hanya satu arah yaitu manajemen ke produksi, sekarang akan dilakukan komunikasi dua arah. Karyawan juga memiliki peran menyampaikan aspirasi dan ise-ide perbaikan perusahaan kepada tim manajemen. Direktur disitu juga akan melihat dan memberikan keputusan atas ide-ide yang diberikan tentunya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan perusahaan. Hasil dari workshop tersebut masing-masing perusaahaan memiliki beberapa ide pengkatan perusahaan yang akan diterapkan diperusahaan. Kemudian, terbentuknya tim peningkatan perusahaan yang bertugas untuk mengawal proses berjalannya program peningkatan produktivitas perusahaan. Setelah workshop ini, masing-masing perusahaan akan mendapatkan pendampingan selama tiga kali dalam kurun waktu dua setengah bulan. Pendampingan ini dilakukan bertujuan untuk melihat progress kemajuan dari perusahaan tersebut.

About the Author:

Leave a comment