Mei
18
2017
Tak Berkategori

Duit Diatur Keluarga Makmur

Mengatur uang keluarga umumnya dilimpahkan kepada seorang istri, dan sang suami hanya bertugas untuk kerja mencari nafkah keluarganya. Dan ketika uang itu tidak dapat mencukupi kebutuhan maka sering kali suami marah dan menyalahkan istrinya. Mereka tidak dapat mengatur keuangan keluarga dengan baik sehingga pada akhirnya meminjam uang tanpa perhitungan yang tepat yang berdampak pada gagal bayar atau bisa dikatakan terlilit hutang. Keluarga-keluarga yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dari hari ke hari sering kali tidak dapat memenuhi standar kebutuhan sehingga terpaksa mengeluarkan anak dari sekolah dan mempekerjakan mereka untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan keuangan bagi keluarga untuk dapat mengatur keuangan keluarga dengan bijak.

RIWANI Globe bersama dengan Komisi Keluarga Keuskupan Agung Semarang menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer Financial Education For Families pada tanggal 22-23 & 29-30 April 2017 di Keuskupan Agung Semarang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 14 orang peserta yang terdiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan. Pelatihan pendidikan keuangan ini dirancang untuk memberikan keterampilan dasar tentang penghasilan, pengeluaran, anggaran, tabungan dan pinjaman bagi keluarga. Pelatihan ini bertujuan untuk mempromosikan perilaku positif untuk menabung, membuat pengeluaran yang lebih bijaksana dan meminjam uang dengan alasan yang tepat. Dengan menggunakan metode pendidikan orang dewasa, para peserta ikut dalam bagian diskusi kelompok, berbagi pengalaman positif maupun negatif mereka, dan menggali pembelajaran baru bersama melalui bermain peran dan studi kasus.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, mereka berperan aktif dalam diskusi dan sharing pengalaman. Ada pula beberapa peserta yang merupakan pasangan suami istri, sehingga mereka dapat langsung mempraktekkan membuat anggaran keluarga bersama. Mereka juga berlatih menjadi trainer dengan membawakan salah satu sesi pada modul. Peserta merasakan manfaat pengetahuan, wawasan, dan teknik menjadi seorang trainer professional.

About the Author:

Leave a comment